Upah Minimum Nigeria dan Indonesia 2009

STUDI BANDING PENETAPAN UPAH MINIMUM NIGERIA DAN INDONESIA TAHUN 2009
Oleh
Nur Indah fitriana Ibrahim
I14080014

1. Pendahuluan
Upah Minimum merupakan suatu standar minimum yang digunakan oleh para pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada pekerja di dalam lingkungan usaha atau kerjanya. Hingga saat ini kebijakan upah minimum di setiap negara merupakan satu-satunya kebijakan yang secara langsung dan eksplisit dikaitkan dengan upah buruh. Tidak mengherankan, jika semua pihak (pemerintah, serikat buruh, LSM) menempatkannya sebagai isyu sentral. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap upah minimum merupakan obat mujarab bagi persoalan kesejahteraan pekerja, dan kesejahteraan rakyat (Anonim 2000).
Standar upah minimum disetiap negara berbeda-beda. Penentuan upah minimum tersebut didasarkan pada beberapa hal, diantaranya sejarah, sistem pemerintahan, sistem ekonomi, kondisi geografis negara, dan karakteristik masyarakat di negara tersebut. Penetapan upah minimum ini dilaksanakan setiap tahun melalui proses yang panjang. Proses penetaman upah minimum berbeda-beda untuk setiap negara di dunia, semua tergantung pada kebijakan pemerintah di tiap masing-masing negara tersebut.
Tujuan utama tulisan ini adalah memberikan gambaran perbandingan upah minimum antara Nigeria dan Indonesia. Hal itu dilatarbelakangi oleh pemahaman teoretis dan empiris sekaligus, yang menunjukkan bahwa setiap negara memiliki perbedaan dalam hal penetapan upah minimum dimana semua itu dipengaruhi oleh latarbelakang negara dan masyarakat. Pembahasan dalam tulisan ini akan diawali dengan gambaran karakteristik upah minimum di nigeria, disusul dengan kajian metode yang digunakan dalam penetapan upah minimum di nigeria. Bagian selanjutnya membandingkan upah minimum antara Nigeria dan Indonesia. Tulisan akan ditutup dengan kesimpulan terkait upah minimum kedua negara tersebut.

2. Karakteristik upah minimum di Nigeria

Nigeria merupakan negara yang terletak di Afrika Barat, di sepanjang pantai timur Teluk Guinea, di utara khatulistiwa. Nigeria berbatasan dengan Benin di bagian bara barat, di utara dengan Niger dan Chad, dan di bagian timur dengan Kamerun. Luas wilayah Nigeria adalah 356.669 mil2 (923.768 km2), sekitar dua kali ukuran California. Nigeria memiliki tiga wilayah lingkungan utama: dataran, hutan tropis dan lahan basah pesisir. Lingkungannya sangat mempengaruhi budaya masyarakat di sana. Masyarakat Nigeria merupakan Kelompok etnis kecil yang hidup di sepanjang pantai, seperti Ijaw dan Kalabari, mereka diwajibkan untuk menjaga desa-desa kecil mereka karena kurangnya tanah kering. Selain itu, mereka pun hidup di antara rawa, danau dan sungai sehingga rata-rata masyarakat bermatapencaharian nelayan dan pedagang garam untuk memperoleh biaya bagi kehidupan sehari-hari.
Nigeria adalah sebuah negara republik dengan presiden bertindak sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Nigeria memiliki sejarah panjang negara kudeta, rezim militer dan kediktatoran. Namun, hal ini berakhir pada tanggal 29 Mei 1999 dimana saat ini presiden menjabat sebagai hasil dari pemilihan umum. Di bawah konstitusi, pemilihan presiden berlangsung setiap empat tahun. Legislatif Nigeria terdiri dari dua yaitu Senat dan DPR. Semua legislator dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Cabang yudisial Nigeria dipimpin oleh sebuah Mahkamah Agung, yang anggota-anggotanya ditunjuk oleh Dewan Sementara, yang memerintah selama masa transisi Nigeria menjadi negara demokrasi. Semua masyarakat Nigeria yang berusia diatas delapan belas yang berhak untuk memilih.
`Masalah sosial terbesar di Nigeria adalah kekerasan internal. Pertempuran antar etnis, kerusuhan agama antara Muslim dan non muslim dalam penciptaan Syariah (hukum Islam yang ketat) di negara-negara utara dan bentrok politik antara minoritas etnis dan donor perusahaan minyak sering memicu bentrokan berdarah yang dapat berlangsung selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Ketika kekerasan jenis ini meledak, polisi nasional dan negara mencoba untuk mengendalikan. Namun, polisi sering dituduh melakukan beberapa kekerasan. Dalam beberapa kasus, jam malam dan darurat militer diambil di daerah tertentu untuk mencoba mengurangi kerusuhan. Selain itu, di Nigeria juga terjadi kemiskinan dan kurangnya kesempatan bagi pemuda, terutama di daerah perkotaan sehingga timbullah tindakan-tindakan kejahatan disana (Ajayi & Omofolambo S 1998).
Kemiskinan yang terjadi menyebabkan masyarakta sulit membeli makanana. Padahal, makanan memainkan peran sentral dalam ritual hampir semua kelompok etnis di Nigeria. Upacara khusus tidak akan lengkap tanpa berbagi makan. Sampai beberapa dekade terakhir, swasembada Nigeria dalam memproduksi makanan yang cukup untuk masyarakatnya. Namun, karena produksi minyak dan industri mulai banyak di Nigeria, banyak sumber daya nasional terkonsentrasi pada industri-industri baru sehingga merugikan pertanian. Berdasarkan latarbelakang negara yang demikian, membuat Nigeria harus menetapkan upah minimum bagi para pekerja disana. Upah minimum Nigeria pada tahun 2009 adalah 500 US dollar (Rp 4.500.000). Hal ini disebabkan karena Nigeria merupakan salah satu negara industri yang tidak kalah besar dengan negara-negara lainnya (Ajayi & Omofolambo S 1998).

3. Perbandingan Upah Minimum Nigeria dan Indonesia Tahun 2009

Penentuan upah minimu di Indonesia pada dasarnya menganut pada pengertian upah dalam konvensi ILO mengenai Perlindungan Upah atau Protection of wage. Indonesia juga mengikuti acuan tersebut dengan sedikit penyesuaian. Pengertian upah yang di anut oleh Negara Indonesia sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 08 tahun 1981 mengenai Perlindungan Upah adalah Suatu penerimaan sebagai imbalan dari pengusaha kepada buruh untuk suatu pekerjaan atau jasa yang telah atau akan dilakukan, dinyatakan atau dinilai dalam bentuk uang yang ditetapkan menurut suatu persetujuan atau peraturan perundang-undangan, dan dibayarkan atas dasar suatu perjanjian kerja antara pengusaha dengan buruh, termasuk tunjangan baik untuk buruh sendiri maupun keluarganya (Anonim 2011).
Komponen Kebutuhan hidup layak digunakan sebagai dasar penentuan upah minimum, dimana dihitung berdasarkan kebutuhan hidup pekerja dalam memenuhi kebutuhan mendasar yang meliputi kebutuhan akan pangan 2.100 kkal/hari, perumahan, pakaian, pendidikan, kesehatan, rekreasi dan tabungan. Selain itu, terdapat 6 faktor yang menjadi penentu tingkat upah minimum yaitu kebutuhan hidup minimum pekerja, indeks harga konsumen, kemampuan, perkembangan dan kelangsungan perusahaan, tingkat Upah yg berlaku di masyarakat, tingkat perkembangan perekonomian dan pendapatan perkapita, tingkat/Kondisi Pasar kerja (Anonim 2011).
Upah minimum Indonesia pada tahun 2009 adalah Rp 1.069.865 (118,9 US dollar). hal ini jika dibandingkan dengan Nigeria sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut terjadi akibat beberapa faktor seperti perbedaan latar belakang negara, yaitu dari segi sejarahnya dan sistem ekonomi dan kebiasaan makan masyarakat. Selain itu perbedaan demografi kedua negera ini juga dapat dijadikan penyebab dari perbedaan standar upah minimumnya. Luas wilayah Indonesia pada tahun 2009 adalah 1.906.240 km². Sedangkan Nigeria hanya 923.768 km2. Selain itu, Indonesia merupakan negara kepualauan yang terbesar di dunia dengan jumlah penduduk yang besar pula, yaitu sekitar 241.973.879 jiwa, sedangkan Nigeria hanya berjumlah 152.000.000 jiwa. Kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat di kedua negara ini berbeda pula. Perbedaan ini disebabkan perbedaan standar yang ada di kedua negara. Dimana di Indonesia untuk memenuhi 2.100 kkal/hari (Manning 1998).

4. Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh adalah penetapan upah minimum kedua negara berbeda, yaitu Nigeria 0,5 US dollar (Rp 4.500.000) dan Indonesia Rp 1.069.865 (118,9 US dollar). Perbedaan tersebut didasari pada beberapa faktor seperti angka kebutuhan energi masyarakat kedua negara. Selain itu, di Indonesia terdapat 6 faktor yang menjadi penentu tingkat upah minimum yaitu kebutuhan hidup minimum pekerja, indeks harga konsumen, kemampuan, perkembangan dan kelangsungan perusahaan, tingkat Upah yg berlaku di masyarakat, tingkat perkembangan perekonomian dan pendapatan perkapita, tingkat/Kondisi Pasar kerja. Informasi terhadap standar kebutuhan hidup di peroleh melalui survey yang dilaksanakan setiap bulan oleh dewan pengupahan. Selain itu yang membedakan adalah latarbelakang sejarah, pemerintahan, sistem ekonomi, dan budaya masyarakat.

5. Refferensi
Ajayi, Omofolambo S. 1998. Yoruba Dance: The Semiotics of Movement and Body Attitude in a Nigerian Culture.

[Anonim]. 2000. Central Intelligence Agency. CIA World Fact Book 2000.

[Anonim]. 2011. Nigeria. http://www.state.gov/r/pa/ei/bgn/2836.htm [15 November 2011].
[Anonim]. 2011. Minimum wage report Indonesia. http://www.gajimu.com [15 November 2011]

Manning C. 1998. Indonesia Labour in Transition. Cambridge: Cambridge University Press.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s