DIET DISLIPIDEMIA

Dislipidemia adalah gangguan/perubahan pada kadar lemak dalam darah. Gangguan itu dapat berupa peningkatan kadar total kolesterol atau hiperkolesterolemia, penurunan kadar High Density Lipoprotein (HDL), peningkatan kadar Low Density Lipoprotein (LDL), atau peningkatan kadar trigliserida dalam darah (hipertrigliserida). Dislipidemia dibagi menjadi primer dan sekunder.

PATOFISIOLOGI

TANDA DAN GEJALA
Spektrum manifestasi klinis bervariasi luas dari asimptomatik hingga ke manifestasi klinis yang jelas. Dislipidemia dapat mengarah ke penyakit jantung dan pembuluh, seperti penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh arteri perifer. Penderita dapat muncul dengan manifestasi klinis nyeri abdomen, xanthoma pada telapak tangan dan kelopak mata, tendinitis, arcus cornea, xanthoma tuberosum, obesity dan bahkan dengan manifestasi coronary heart diseases (Ontoseno 2006).

GAMBARAN LABORATORIK
Dislipidemia dapat diperiksa dengan memeriksa kadar serum dalam darah. Pemeriksaan rutin yang dilakukan adalah kadar profil lipid yaitu koslesterol total, trigliserida, kolesterol LDL, kolesterol HDL. Sebelum pemeriksaan diharapkan pasien sudah melakukan puasa kurang lebih 10 jam sebelum pemeriksaan agar hasilnya tepat dan konsisten.
Angka patokan kadar lipid yang memerlukan pengelolaan, penting dikaitkan dengan terjadinya komplikasi kardiovaskuler. Dari berbagai penelitian jangka panjang di negara-negara barat, yang dikaitkan dengan besarnya resiko untuk terjadinya PKV, dikenal patokan kadar kolesterol LDL sebagai berikut :
a) Kadar Kolesterol LDL optimal adalah 190 mg/dL
Berikut adalah patokan kadar kolesterol total dalam darah adalah :
a) Kadar yang diinginkan dan diharapkan masih aman (desirable) adalah 240 mg/dl.
Kadar HDL dalam darah juga menjadi tolak ukur penting bagi penderita dislipidemia. Berikut adalah patokan kadar HDL dalam darah :
a) Kadar kolesterol rendah apabila kurang dari <40 mg/dl
b) Kadar kolesterol HDL tinggi apabila ≥ 60 mg/dl

TATA LAKSANA DIET
Pilar utama pengelolaan dislipidemia adalah upaya nonfarmakologis yang meliputi modiflkasi diet, latihan jasmani serta pengelolaan berat badan. Perbaikan keseimbangan kalori biasanya memerlukan peningkatan penggunaan energi melalui kegiatan jasmani serta pembatasan asupan kalori. Upaya non farmakologis yang dapat dilakukan dalam pengelolaan dislipidemia adalah terapi diet dan latihan jasmani (Anwar 2004).

Pengobatan dislipidemia hendaknya selalu dimulai dengan diet. Tujuan pengobatan dislipidemia adalah mencegah penyakit kardiovaskuler dengan menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, yaitu dengan menurunkan total kolesterol serum menjadi < 200 mg/dl dan kolesterol LDL menjadi < 130 mg/dl. Terapi diet dimulai dengan menilai pola makan pasien, mengidentifikasi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan kolesterol serta berapa sering keduanya dimakan. Jika diperlukan ketepatan yang lebih tinggi untuk menilai asupan gizi, perlu dilakukan penilaian yang lebih rinci, yang biasanya membutuhkan bantuan ahli gizi. Penilaian pola makan penting untuk menentukan apakah harus dimulai dengan diet tahap I atau langsung ke diet tahap ke II. Hasil diet ini terhadap kolesterol serum dinilai setelah 4-6 minggu dan kemudian setelah 3 bulan.

Asupan lemak yang dimakan dalam satu hari dianjurkan kurang dari 25% total energi/hari, Semakin tinggi rasio asam lemak tak jenuh banding asam lemak jenuh, semakin besar potensi penurunan kolesterol darahnya. Rasio asam lemak tak jenuh banding asam lemak jenuh yang tinggi dapat diperoleh dengan mengurangi konsumsi lemak hewani (kecuali lemak ikan laut) dan menggantinya dengan minyak nabati yang tidak jenuh seperti yang berasal dari jagung dan kacang kedele. Mengganti konsumsi lemak jenuh hanya dengan karbohidrat memang akan menurunkan LDL tapi dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL kolesterol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s