PEDOMAN GIZI DI INDONESIA

4 SEHAT 5 SEMPURNA
Setiap bahan makanan menngandung zat gizi tertentu. Bahan pangan yang bergizi tinggi diangggap lebih baik dibandingkan yang lain, tidak memperhitungkan porsi makanan. Penggolongan bahan makanan berdasarkan zat gizi secara umum ada pada bahan pangan tertentu.

BERUBAH

GIZI SEIMBANG (PIRAMIDA MAKANAN)
Setiap bahan makanan memiliki keterkaitan sehingga saling melengkapi antara zat gizi bahan makanan yang satu dengan yang lain, karena tidak ada satupun bahan makanan yang bergizi lengkap. Pemenuhan zat gizi berdasarkan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti yang terdapat pada “piramida makanan”, sehingga konsumsi memenuhi syarat 3B (Bergizi, Beragam, Berimbang).

Bergizi
Tiap bahan makanan mengandung zat gizi dengan jenis dan jumlah berbeda. konsumsi makanan yang bergizi dapat mencukupi kebutuhan kita sehingga tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Beragam
Tidak ada satupun jenis makanan yang dapat memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan, karena setiap jenis makanan mengandung zat gizi yang berbeda pula. Variasi makanan yang mengandung beberapa jenis makanan berbeda dari lima kelompok makanan utama pada “piramida makanan” dapat memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan.

Berimbang
kebutuhan zat gizi setiap orang berbeda tergantung umur, jenis kelamin, dan aktivitas fisik yang dilakukan. Gizi seimbang dapat dicapai dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup dari kelima jenis makanan. Konsumsi berlebih pada satu jenis makanan dapat menimbulkan resiko penyakit tertentu, seperti konsumsi lemak yang berlebih dapat menimbulkan resiko obesitas.

2 thoughts on “PEDOMAN GIZI DI INDONESIA

  1. “Bahan pangan yang bergizi tinggi diangggap lebih baik dibandingkan yang lain, tidak memperhitungkan porsi makanan”

    kenapa tidak memperhitungkan porsi makanan ?
    bukannya kalo terlalu banyak juga tidak bagus .
    makasih🙂

    • iya memang benar porsi juga sangat penting, dimana harus seimbang antara makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur, dan buah. maksud dari kalimat tersebut adalah bahan pangan yang bergizi tinggi itu lebih penting dari bahan makanan yang rendah zat gizinya namun ada kandungan zat gizinya. walaupun porsinya berkali-kali lipat dari bahan pangan yang tinggi tersebut, tetap saja bahan makanan yang tinggi zat gizi tersebut lebih baik🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s