OBESITAS vs ANOREKSIA


Setiap orang mempunyai kebutuhan energi dan zat gizi yang berbeda. Jenis kelamin, usia, dan aktivitas sehari-hari merupakn beberapa faktor yang membuat kebutuhan tersebut beraneka ragam. Remaja membutuhkan energi dan asupan gizi yang seimbang untuk proses pertumbuhannya. Penerapan diet yang salah dapat menimbulkan obesitas atau anoreksia.

APA ITU OBESITAS?
Obesitas atau kegemukan mempunyai pengertian yang berbeda-beda bagi setiap orang. Pada kebanyakan wanita dan pria, obesitas berarti kelebihan berat badan. Obesitas berbeda dengan overweight, Obesitas adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih, sehingga BB seseorang jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatan. Sementara overweight adalah keadaan dimana BB seseorang melebihi BB normal.

APA ITU ANOREKSIA?
Anoreksia nervosa merupakan salah satu gangguan makan (Eating Disorder) yang banyak di derita wanita, khususnya remaja. Orang yang mengidap anoreksia memiliki ketakutan yang berlebih jika berat badannya naik. Sebisa mungkin penderita anoreksia mengonsumsi sedikit makanan, dan memiliki tubuh yanng luar biasa kurus.

Diet bukan berarti ‘tidak makan’. Malah sebaliknya, harus makan. karena setiap hari tubuh melakukan aktivitas. Adapun bentuk kegiatannya sekalipun duduk, tidur, ataupun berpikir membutuhkan dukungan energi. Ini artinya setiap hari kita butuh menyantap makanan. Hanya jenis makanan, porsi yang disantap, dan waktu untuk memakannya yang harus dipilih dan diperhatikan. Ini sekaligus menegaskan saat berdiet tidak boleh menghilangkan sarapan. “Sebagian wanita beranggapan sarapan bisa bikin gemuk”. justru bila tidak sarapan kamu akan tergoda untuk ngemil gorengan dan makanan-makanan lain yang merupakan sumber kalori pemicu kegemukan. Seharusnya dalam berdiet yang dibatasi adalah asupan makanan malam. Hal ini karena malam hari kita tidak banyak melakukan aktivitas, jadi untuk apa makan banyak-banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s