DIET PADA EKSIM

Apasih eksim itu..???
Eksim adalah kelainan kulit dimana kulit tampak meradang dan iritasi yang bisa terjadi dimana saja, namun yang paling serinng terkena adalah tangan dan kaki.

Contoh eksim (Price & Wilson 2003):
1. Eksim atopik atau dermatitis atopik
Penyakit kulit kronik herediter yang dapat timbul pada sembarang usia. Sering kali ditemukan riwayat keluarga adanya eksim dan rinitis alergika atau asma ekstrinsik terkait. Dicirikan oleh bercak-bercak bersekret, berkrusta, kering, skuama, dan gatal pada wajah bayi, dan pada lipatan kulit seperti pada antekubiti dan fosa poplitea anak remaja atau orang dewasa.
2. Eksim kontak alergi
Dijumpai dan terjadi pada daerah tertentu tempat alergen mengadakan kontak dengan kulit. Selain itu, dicirikan oleh adanya vesikel-vesikel yang gatal, eritema dan bercak-bercak pada daerah-daerah tubuh pasien yang tersentuh alergen antara lain seperti poison ivy, poison sumac, kosmetik, karet, dan semen.
3. Eksim tangan
Dicirikan oleh bercak-bercak eritematosa, bersisik, dan berfisura pada tangan. Eksim tangan ini paling sering dialami mereka yang harus sering mencuci tangannya atau yang menggunakan sarung tangannya atau yang menggunakan sarung tangan dalam pekerjaannya. Sering terdapat riwayat keluarga yang menderita eksim pada pasien ini.
4. Neurodermatitis
Dicirikan oleh bercak-bercak ekskoriasi dan garis-garis sekunder yang menunjukkan bekas garukan.
5. Dermatitis seboroik
Dicirikan oleh bercak-bercak kuning-merah-coklat, berminyak, bersisik pada kulit kepala dan wajah.
6. Eksim statis
Dicirikan oleh edema statis, hiperpigmentasi dan sisik pada tungkai bawah. Biasanya menyerang kulit kepala, alis, lipatan nasolabial, telinga dan anterior dada.

Penyebab eksim
1. Memiliki penyakit alergi lainnya
2. faktor genetik –> menghasilkan antibodi secara berlebihan
3. kontaminasi nikel, kalium dikromat pada kulit ( perhiasan, campuran semen, sepatu kulit)
4. Obat-obatan (Neonisisn, benzokain, etilendiamin)
5. Garukan yang berlebihan pada kulit yang gatal

ANJURAN GIZI
Anjuran yang diberikan pada penderita eksim adalah mengkonsumsi makanan dengan prinsip gizi seimbang. Prinsip gizi seimbang tersebut adalah dengan susunan hidangan makanan sehari yang terdiri dari berbagai ragam bahan makanan yang berkualitas dalam jumlah dan proporsi yang sesuai, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi guna memelihara dan perbaikan sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan secara optimal. Dalam hal ini, dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai prinsip gizi seimbang dapat meningkatkan imun tubuh untuk mencegah perkembangan penyakit kulit eksim ini dan dapat membantu pemulihan dengan adanya pemulihan sel kulit. Selain itu, harus pula dihindari makanan-makanan yang dapat menimbulkan alergi karena dapat menimbulkan eksim, serta beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan eksim antara lain makanan yang mengandung MSG, bahan pengawet, dan bahan kimia lain (Sandjaja dkk 2009).

Apakah anda memiliki keluhan diet eksim..? Silahkan komen di pots ini๐Ÿ™‚

4 thoughts on “DIET PADA EKSIM

  1. terkait dg org yg menderita eksim hrs mengkonsumsi mkanan gizi seimbag.
    bgmn jika mengkonsumsi maknan yg tinggi protein (contohnya telur, ikan, dll), kan makann tinggi protein bisa memperlama proses pyembhn/pengeringan luka, bgmn cra mengatasi hal tersebut…?

  2. aduh kesulitan bacanya, banyak istilah ilmiah nya d tengah kata .. hihihihi …

    oia, bagaimana cara y paling ampuh menghilangkan gatal, biasanya di kulit ada tonjolan (mirip jerawat) tapi isinya air, rasanya gatal dan sangat tidak menyenangkan kalau tonjolannya br muncul…

    #bingung

    • trimakasih kritikannya untuk perbaikan yang berikutnya dan trimakasih untuk pertanyaan.๐Ÿ™‚

      untuk menghilangkan gatal terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebabnya, seperti makanan, lingkungan, atau penggunaan alat-alat kosmetok tertentu yang tidak cocok bagi kulit. dengan kita tahu penyebabnya sebaiknya dikurangi mengkonsumsi makanan atau penggunaan benda-benda yang menyebabkan gatal-gatal. dan juga kita harus menjaga pola makan kita agar kulit kita lebih sehat. seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayuran karena buah dan sayuran banyak mengandung vitamin yang berperan untuk memelihara kesehatan kulit. jika biasanya mengkonsumsi snack yang tidak sehat untuk cemilan seperti yang terlalu berminyak dan berlemak tinggi sebaiknya diganti dengan mengkonsumsi buah-buahan sebagai cemilan. hal ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan kulit saja namun juga dapat mengidealkan berat badan dan menyehatkan tubuh kita.

      Semoga jawabannya memuaskan, trimakasih.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s